Obat Stres

Pada saat ini saya ingin sekali memberikan obat stres bagi yang lagi putus cinta, ditekan bos kerja, atau bahkan yang lagi berantem sama orangtua. Seperti biasa saya bilang, masalah itu selalu mengiringi kehidupan, bagai kedua sisi koin yang saling beriringan. Namun sebagian orang ternyata ada yang berperang dengan ototnya dalam menghadapi masalah, ada juga yang menjadikan masalah itu permainan yang perlu diselesaikan.

Bila dilihat dari kedua bagian manusia di atas, melawan masalah itu lebih baik menggunakan otot atau otak? Saya rasa lebih mudah otot, toh tinggal kita selesaikan saja masalah itu dengan hajar sana sini, namun lihat akibatnya bukannya nambah naik malah tambah buruk. Seperti ada yang putus cinta dengan kekasihnya karena dikhianati, dengan ototnya dia melawan seperti marah-marah, caci maki malah hingga memukulnya, apa yang terjadi? Masalah tidak akan mereda, walaupun sebenarnya masalah sakit hati tersebut telah dilawan. Jadi harus bagaimana?

Begini gampangnya, sebuah sepeda baru diberikan kepada anak yang baru belajar naik sepeda, ini menjadi masalah tersendiri bagi anak, ada sepeda tapi tidak bisa digunakan. Namun masalah tersebut tidak menjadi beban bagi dirinya, kenapa? Karena dia mau bisa. Dia ubah masalah berat menjadi kesenangan. Jatuh dari sepeda bukannya menangis tapi tertawa dan mencoba kembali.

Contoh mudah ini bisa ditiru untuk kehidupan dewasa. Bagi yang memiliki bos sangat membuat kita tertekan, cobalah ajak keluar untuk coffe break atau sekedar ngemil, usahakan tunjukan senyuman didepannya, jadikan ini sebagai kesenagan tersendiri jika membuat bos kita ikut tersenyum. Ingatlah kawan, sekeras-kerasnya bos dikantor tidak akan tetap keras jika diluar kantor. Tunjukan intensitas kerjamu dengan gigih, pasti dia akan lebih menghargai dibanding harus menunjukan muka takut dan depresi yang nantinya membuat bos lebih pesimis.

Jadi apa dong obatnya? Senyum itulah obatnya.. :)
Namun pasti ada pertanyaan bagaimana mau senyum kalau kondisinya tidak memungkinkan? Mudah kok kawan, tinggal nyalakan musik kesukaan (yang tidak seirama dengan hati, maksudnya kalau sedang sedih jangan dengar lagu sedih, tapi lagu semangat) atau juga lakukan hobimu, seperti saya suka sekali membuat papercraft atau fotografi yang membuat saya sedikit rileks karena kesenangan, namun bisa juga dengan makan atau minum sesuatu yang membuat anda rileks, seperti coklat, permen, atau kopi.

Intinya obat stres yang mudah itu dengan merileksasikan tubuh anda dan tersenyumlah karena kita akan menghadapi masalah selanjtunya. Jadikan masalahmu adalah langkah kita untuk menjadi manusia yang lebih baik :)


Salam Senyum,
Freddy Yakob

Postingan Populer