Konsistensi Hidup

Pernahkah teman pembaca setia mendengar kisah si Bambu Cina? Kalau belum pas sekali, karena cerita itu akan dituliskan disini, selamat membaca!



Bambu, tanaman yang tumbuh tinggi dengan batang serba guna. Bahkan bambu tidak hanya menjadi perlengkapan dirumah, bagian rebungnya dapat dijadikan sayur lezat nan nikmat. namun Bambu Cina ini berbeda dengan bambu lainnya.

Bambu yang ada di salah satu daratan Cina ini ternyata memiliki nilai kehidupan yang sangat unik. Bambu ini setiap dua kali sehari harus disiram dengan rajin tanpa putus, sebelum matahari terbit, dan sesudah matahari terbit. Tanah yang sudah diberi bibit ini akan terlihat hasil 'nyata' berupa bambu dengan waktu paling cepat 6 tahun. Wow? bisa anda bayangkan?

Petani yang menyiramnya setiap hari tentu akan terlihat bodoh jika dia menyiram rajin tiap hari yang ternyata hasil batang dan daunnya sangat lamban datang, hingga 6 tahun lamanya, itupun baru tunas kecil. Bagi orang yang tidak mengerti karakter bambu cina tentu akan menganggap pentani ini orang gila. Sayangnya petani ini tetap konsisten menyiramnya tiap hari.

Namun setelah 6 tahun disiram dengan konsisten, bambu itu tumbuh dengan tinggi yang lebih cepat dari tanaman lainnya. Bambu itu menjadi bambu yang lebih kuat dan tahan terhadap angin bahkan banjir. Tahukah anda? Ternyata yang dilakukan oleh bambu selama 6 tahun berlalu bukanlah hal yang sia-sia. Bambu ini berperinsip bahwa akarnya yang membentang dan merentas tanah keras atau bahkan batu dapat memberinya kekuatan yang besar. Hal itu terbukti, hingga tumbuh dengan kekar.

Seperti cerita Bambu Cina itu, kadang dalam kehidupan orang hanya melihat yang tampak, mereka memang tidak bisa melihat yang tak tampak. Tapi lihatlah bukan berarti yang tak tampak itu juga berarti tak berhasil. Kadang sebuah usaha yang kita lakukan terasa sia-sia tanpa hasil, tapi perhatikanlah, bahwa ada setiap pelajaran dari setiap aktifitas yang kita lakukan.

Yang lebih hebat lagi adalah akar yang kita terjang lebih sulit dibanding angin diatas tanah telah memberikan kita semangat juang tinggi, semangat untuk membangun. Itulah mengapa orang yang telah tertempa hidupnya dari dulu dapat sukses saat ini. Ingatlah orang lain hanya melihat yang tampak bukan yang tak tampak.

Hidup itu harus konsisten, terus berkarya dan memperhatikan setiap langkah pengalaman. Renungkan kembali dan rasakan klau anda itu adalah Bambu Cina yang kian membentang akar kuat untuk menghasilkan tampilan yang kuat dan menawan.


Selalu Senyum,
Freddy Yakob

Postingan Populer