Keluar Zona Nyaman

Nyaman, siapa yang tidak mau merasakan hal tersebut? Nyaman dalam uang, nyaman dalam tinggal, nyaman dalam kerja, nyaman di segala-galanya. Tapi tahukan kamu? Ternyata nyaman tak selamanya dapat membuat hati ini akan tentram.

Nyaman adalah kata dasar yang berarti enak, sehat, segar, sejuk, sedap, dan hal postif lainnya. Lalu kenapa nyaman dikatakan tak selamanya akan tentram. Kehidupan ini memang selalu berisikan masalah. Bahkan dewasa ini, disaat persaingan lokal menjadi lebih besar menjadi persaingan global. Bahan kebutuhan hidup naik berkali-kali lipat. Kebutuhan pun semakin banyak. Hal ini tentu membuat resah kita. Maka jawaban yang diperlukan adanya rasa nyaman saat kekurangan dan kemahalan terjadi.

Kemaksimalan kerja dan penghematan belanja pun kita lakukan, tujuannya satu agar semua berkecukupan dan nyaman ada dalam sanubari setiap orang. Bayangkan saja kalau semua menjadi nyaman, hidup bagai mengayuh sampan di atas air yang jernih dengan ikan-ikannya. Begitu indah dan sangat menawan. Seperti yang saya dapat saat ini, terasa sejuk akan kehidupan dunia ini.

Sampai suatu saat saya tersentak, kalau saja terus begini, hidup saya tak akan maju. Hidup ini akan flat selamanya kalau kita terjebak dalam suatu titik kenyamanan. Sebut saja itu Zona Nyaman. Awalnya saya merasa sangat nikmat dengan ini semua, tapi jenuh pun memuncak, hidup rasanya hanya begitu-begitu saja. Akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari Zona Nyaman tersebut.

Keluar dari Zona Nyaman bukanlah hal mudah, banyak sekali tantangan yang cukup berat dirasakan oleh saya. Tapi hal itu bukan menyurutkan semangat ini, justru membakarnya sampai tungku kehidupan menjadi lebih baik. Akhirnya keluar dari Zona Nyaman membuat saya lebih banyak belajar, menjadi lebih baik dan lebih mengerti kehidupan.

Contohnya seperti saya yang bekerja di Perusahaan Swasta dengan penghasilan yang sama setiap bulannya selama 12 bulan. Akhirnya untuk menjadi lebih baik dengan tidak terlena dalam Zona Nyaman, saya membuat sebuah usaha sampingan, mulai dari membuat blog hingga mencetak kaos DTG. Selain itu juga saya mengambil sekolah paska sarjana. Hidup mulai berubah, mulai sibuk kembali, mulai belajar kembali. Tapi itulah yang sebenarnya kita perlukan, seperti artikel masalah yang pernah saya buat (Lagi dengan Masalah)

Memang tantangan terbesar bukanlah hadir disaat kita diuji dengan berbagai tekanan dan ujian, justru tantangan terbesar kita adalah disaat kita merasakan kebahagiaan, merasakan kesejukkan, merasakan kenyamanan kalau ternyata dunia itu tidak begitu begitu saja. Mari keluar dari Zona Nyaman, agar menjadi pribadi yang lebih baik, dan utama membantu sesama.

Selalu Senyum,

Freddy Yakob

Postingan Populer